10 Daerah Wisata Di Lamongan Yang Paling Menarik

10 Tempat Wisata di Lamongan yang Paling Menarik – Lamongan merupakan salah satu kabupaten di daerah Jawa Timur yang terkenal dengan makanan soto dan jajanan khas wingko. Lamongan ini berbatasan pribadi dengan laut Jawa, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Mojokerto. Tak hanya wisata makanan saja, namun Lamongan juga mempunyai tempat wisata alam maupun buatan yang menarik. Penasaran, apa saja tempat wisata di Lamongan yang menarik untuk dikunjungi. Berikut rangkumannya.

 Tempat Wisata di Lamongan yang Paling Menarik 10 Tempat Wisata di Lamongan yang Paling Menarik
Goa Maharani Zoo

1. Wisata Bahari Lamongan
Wisata Bahari Lamongan atau juga dikenal WBL yakni objek wisata yang memadukan konsep wisata maritim dan taman rekreasi keluarga. Wisata Bahari Lamongan berlokasi di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, provinsi Jawa Timur. Disini mempunyai kemudahan wahana rekreasi yang lengkap untuk liburan tamat pekan. Beberapa wahana unggulan diantaranya ibarat Istana Bawah Laut, Anjungan Wali Songo, Space Shuttle, Gua Insectarium, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut.

2. Goa Maharani Zoo
Gua yang berada di kecamatan Paciran Kab. Lamongan Jawa Timur ini disebut juga sebagai gua Istana Maharani. Goa ini berada di kedalaman sampai 25 meter dari permukaan tanah dengan rongga gua seluas 2500 meter persegi.

Goa Maharani mempunyai keindahan alam yang unik. Hal ini sanggup dilihat dari stalagtit dan stalagmit di goa ini yang masih bertumbuh dan memancarkan cahaya berwarna-warni ketika terkena cahaya.

3. Waduk Gondang
Lokasi Waduk Gondang berjarak 19 kilometer arah barat sentra kota Lamongan yakni tepatnya di desa Gondang Lor. Luas Waduk Gondang sekitar 6,60 hektar dengan kedalaman sekitar 29 m. Waduk ini, selain dipakai sebagai sarana penampungan air bagi ribuan hektar sawah di Lamongan juga menjadi tempat wisata favorit keluarga dan wisatawan yang berkunjung.

Di Waduk Gondang ini, pengunjung sanggup menikmati luasnya pemandangan air. Tak hanya itu, waduk yang dipenuhi pepohonan ini, juga menyediakan sarana bermain anak-anak, bumi perkemahan, kebun hewan mini.

Baca Juga :  Berwisata Di Surabaya North Quay: Harga Tiket Masuk, Rute Dan Jam Buka

Pengunjung pun sanggup berkeliling waduk memakai bahtera nelayan setempat dengan biaya Rp 20 ribu.

4. Pantai Kutang
Pantai Kutang di Lamongan ini terbilang unik. Jika biasanya pemandangan pantai pribadi terlihat hamparan pasir tapi di Pantai Kutang ini, Anda akan melihat taman mangrove.

Selain mempunyai alam yang masih alami, pantai ini juga mempunyai eksotisme pasir putih dan kerimbunan pohon Mangrove. Tidak hanya itu, disini Anda juga sanggup bermain ayunan yang telah tersedia di akar-akar pohon mangrove sembari bermain air.

P‎antai Kutang ini belum banyak dikenal masyarakat luas. Jika Anda ingin menuju pantai ini, lokasinya berada di Desa Labuhan, Brondong.

5. Pemandian Air Panas Brumbung
Pemandian air panas Brumbung atau Brumbun memang tidak sepopuler Wisata Bahari Lamongan atau Maharani Zoo di Lamongan. Pemandian air panas ini terletak di Dsn. Tepanas, Desa Kranji, Kec. Paciran.

Di pemandian ini, Anda akan menjumpai nuansa alami sebuah pemandian alasannya yakni pemandian air panas Brumbung berada di tengah hutan. Meskipun ukurannya tidak luas yakni hanya 5×10 meter, tempat ini selalu ramai pengunjung baik dari Kota Lamongan maupun dari luar kota ibarat Bojonegoro, Gresik dan kota lainnya.

6. Desa Wisata Sendang Duwur
Desa Wisata Sendang Duwur sanggup menjadi tujuan wisata menarik di Lamongan. Desa ini berada di ketinggian 72 mdpl tepatnya di desa Sendang Duwur Kec. Paciran. Dari atas bukit, Anda sanggup pemandangan pribadi ke arah Laut Jawa.

Desa yang telah ditetapkan sebagai desa wisata ini, merupakan sebuah daerah pedesaan yang mempunyai karakteristik khusus dengan kearifan lokal penduduknya serta tradisi dan budaya yang masih asli.

Selain itu, Desa Sendang Duwur ini juga didukung dengan potensi sebagai sentra kerajinan batik tulis, kerajinan komplemen emas dan perak. Selain sanggup berbelanja, Anda juga sanggup melihat pribadi proses pembuatannya.

Di desa ini juga terdapat makam Sunan Sendang Duwur yakni salah satu tokoh penyebar agama Islam di tanah Jawa. Jadi, Anda juga sanggup berziarah ke makam Sunan Sendang Duwur ini.

Baca Juga :  Lokasi Coban Buntung Pujon Malang Yang Lagi Hits

7. Bendungan Babat
Bendungan Babat merupakan bendungan berukuran raksasa yang dibangun di atas sungai Bengawan Solo. Bendungan ini berfungsi sebagai pengendali banjir dan juga sebagai pemasok air di daerah Rawa Jabung dan Sudetan Bengawan.

Selain difungsikan sebagai bendungan, tempat ini juga difungsikan sebagai obyek wisata di Lamongan yang banyak dikunjungi. Di bendungan ini akan banyak orang tiba untuk berjogging, atau hanya sekedar tiba untuk menikmati suasana terlebih di waktu libur.

8. Monumen Van der Wijck
Monumen Van Der Wijck, yakni monumen yang dibangun pada kala pemerintahan Hindia-Belanda. Terletak di kantor pelabuhan Brondong, Lamongan.

Monumen Van der Wijck ini dibangun untuk memperingati tenggelamnya kapal Van Der Wijck. Kapal Van der Wijk yakni kapal uap milik Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM) yang menjadi cikal bakal dari Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) ketika ini.

9. Museum Sunan Drajat
Tempat wisata di Lamongan ini berlokasi di Desa Drajat, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan. Museum Sunan Drajat yang mempunyai luas sekitar 4 hektar ini dibangun tahun 1991 dan dipakai sebagai museum pada tanggal 30 Maret tahun 1992.

Di Museum Sunan Drajat terdapat banyak sekali macam koleksi diantaranya buku, lontar, batik Drajat, bedug, gamelan, bambu, kulit, keramik, kerikil besi, perunggu dan lain sebagainya.

10. Wisata Ziarah
Di Kabupaten Lamongan selain berwisata alam dan sejarah juga terdapat wisata religi. Anda sanggup berziarah ke makam Sunan Drajat yang terletak di Desa Drajat, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, masih dalam satu daerah dengan Museum Sunan Drajat.

Selain ke makam Sunan Drajat, Anda sanggup ziarah ke Makam Sunan Sendang Duwur yang letaknya berada di bukit Amitunon, Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Kab. Lamongan dan makam Dewi Sekardadu di Ds. Gondang, Kec. Sugio, Kab. Lamongan.