12 Daerah Wisata Di Cianjur Yang Wajib Dikunjungi

12 Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi – Kabupaten Cianjur di provinsi Jawa Barat mempunyai topografi yang kebanyakan didominasi oleh pegunungan. Oleh alasannya yaitu itu, tidak heran bila daerah ini mempunyai hawa yang sejuk. Kota penghasil beras pandan basi ini, juga populer dengan masakan khasnya yang berjulukan tauco.

Dengan keindahan alam pegunungan yang dimilikinya, menciptakan Cianjur mempunyai berbagai tempat wisata menarik mencakup wisata alam, budaya, keluarga dan lainnya. Penasaran? Apa saja tempat wisata di Cianjur yang wajib Anda kunjung. Berikut rangkumannya untuk Anda.

 Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi 12 Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi
Kebun Raya Cibodas

1. Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas berada di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango tepatnya di Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur. Kebun raya di kaki Gunung Gede ini didirikan tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Cibodas ini dimaksudkan sebagai koleksi bagi flora tropis dataran tinggi. Termasuk didalam koleksinya yaitu banyak sekali pohon besar yang dilindungi misal flora paku pegunungan, tusam dan flora runjung, hutan kaliandra, hutan alam, terdapat juga air terjun.

Selain itu banyak sekali akomodasi juga tersedia di daerah ini, menyerupai lapangan parkir yang sangat luas, ruang informasi lengkap dengan dokumentasi Wana Wisata Cibodas, mushola, MCK umum, areal bermain anak-anak, pendopo, shelter, teater alam terbuka, dan juga camping ground yang luasnya mencapai 3 hektare yang bisa menampung sampai 200 tenda.

2. Curug Ciismun
Curug Ciismun yaitu penderasan dengan nuansa pemandangan alam yang indah dan cantik. Air terjun Curug Ciismun mempunyai ketinggian yang lebih dari 50 meter. Derasnya fatwa dari Curug Ciismun niscaya akan menciptakan Anda ingin membasahkan badan dengan segarnya fatwa penderasan sambil menikmati indahnya pesona alam Curug Ciismun.

Untuk bisa mencapai lokasi penderasan ini akan lebih akrab jikalau ditempuh dengan melewati pintu belakang dari Kebun Raya Cibodas. Lebih kurang sekitar 30 menit dengan berjalan kaki. Tetapi dengan berjalan kaki Anda bisa mencicipi kesegaran alam sekitar. Pemandangan alam yang bernuansa hijau dengan daun pepohonan yang akan menemami setiap perjalanan Anda, ditambah kicauan burung akan menciptakan perjalanan anda menjadi berkesan dan terasa menyerupai menyusuri hutan belantara.

3. Curug Cikondang
Dari sekian tempat wisata di Cianjur, tak semua membahas tentang Gunung Padang. Terdapat juga wisata air terjun Curug Cikondang. Akses untuk menuju lokasi Curug Cikondang memang cukup sulit, namun panorama yang disuguhkan sungguh menawan. Curug Cikondang berada di Ds. Sukadana, Kec. Cempaka, Kab. Cianjur, provinsi Jawa Barat.

Curug Cikondang mempunyai ketinggian sampai 50 meter yang terbentuk dikarenakan adanya tumpahan sungai yang jatuh dari tebing besar. Secara garis besar Curug ini indah, namun perlu pengelolaan yang lebih baik lagi dan kanal menuju ke lokasi wisata ini harus diperbaiki sehingga wisatawan tidak kecewa dan urung untuk menuju ke Curug Cikondang alasannya yaitu kanal jalannya buruk.

Baca Juga :  12 Daerah Wisata Di Karawang Yang Paling Menarik

Baca juga: 13 Tempat Wisata di Jawa Barat dan Sekitarnya

4. Pantai Jayanti
Berwisata ke pantai Jayanti sangatlah mengesankan, Pantainya sangat higienis bebas dari pencemaran air maritim dan belum tercemar oleh sentuhan ‘racun’ kota. Lokasi yang masih jarang dari hunian para penduduk juga menciptakan pantai Jayanti ini terjaga keasrian alamnya. Pantai ini berlokasi di Cidaun Selatan. Lebih tepatnya berada di Ds. Cidamar, Kec. Cidaun, Cianjur Selatan, provinsi Jawa Barat, lebih kurang 143 km arah selatan sentra kota Cianjur, yang bisa ditempuh lebih kurang 4 jam.

Tak salah jikalau Anda menentukan tempat wisata ini untuk tujuan liburan Anda. Lokasinya jauh dari beberapa kota besar menyerupai Bandung dan Jakarta, menciptakan momen berwisata Anda dengan keluarga berkesan.

5. Danau Leuwi Soro
Danau Leuwi Soro yaitu sebuah danau dengan air yang bening dan pepohonan rindang dan indah yang memenuhi sekeliling area danau. Danau ini merupakan tempat yang sempurna untuk berekreasi serta menghilangkan kepenatan dari segala rutinitas sehari – hari. Danau Leuwi Soro terletak di kec. Pagelara, berjarak lebih kurang sekitar 66 km dari sentra kota Cianjur.

6. Pantai Sereg
Pantai Sereg berlokasi di Kec. Sindangbarang berjarak sekitar 110 km dari sentra Kota Cianjur, 220 km dari Kota Jakarta dan 175 km dari Kota Bandung.

Pantai Sereg ini terbilang pantai yang alami alasannya yaitu belum tersentuh oleh pembangunan sarana dan prasarana kepariwisataan. Alamnya yang indah juga turut ditunjang oleh keberadaan masyarakat lokal yang ramah dan keragaman masakan tradisional.

7. Curug Citambur
Salah satu wisata penderasan atau curug yang berada di Kabupaten Cianjur ini menyajikan panorama yang menyenangkan. Curug ini sangatlah indah alasannya yaitu merupakan penderasan kurang lebih 40 meter, air yang turun sebagian menjadi uap dan embun sehingga lokasi di sekitar curug terasa sejuk. Curug Citambur berada di Kecamatan Pasirkuda. Jaraknya sekitar 65 km dari kota Cianjur.

8. Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede yang masuk dalam daerah Taman Nasional Gede Pangrango juga salah satu objek wisata alam yang menarik di Cianjur. Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Gunung yang mempunyai ketinggian 1.000 – 3.000 mdpl ini berada di tiga wilyah kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Kegiatan favorit yang biasa dilakukan di Gunung Gede yaitu pendakian dan berkemah.

Disampingnya terdapat Gunung Pangrango yang jikalau dilihat dari kejauhan akan nampak menyerupai segitiga runcing sedangkan Gunung Gede terlihat menyerupai bentuk kubah. Kedua gunung ini masuk dalam daerah Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGP). Terdapat Beberapa lokasi wisata menarik disekitar daerah Gunung Gede Pangrango diantaranya Air terjun Cibeureum, Telaga Biru, Puncak Kawah Gunung Gede, Air Panas, Kandang Batu dan Kandang Badak serta Alun-alun Suryakencana.

Baca Juga :  Tempat Wisata Pantai Santolo Garut Selatan

9. Bumi Perkemahan Mandala Kitri
Nah, bagi Anda yang suka kegiatan camping, pergi ke Bumi Perkemahan Mandala Kitri sanggup menjadi pilihan yang tepat. Tempat wisata ini berlokasi di sebuah daerah pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Kawasan camping di Bumi Perkemahan Mandala Kitri ini mencakup Kebun Raya Cibodas, Gunung Gede-Pangrango, Gunung Putri dan Gunung Gegerbentang. Selain itu, Anda juga bisa melaksanakan kegiatan watersport atau kegiatan air di Sungai Cikundul dan Waduk Cirata serta sungai Citarum.

10. Taman Bunga Nusantara
Ingin bisa menikmati indahnya bunga-bunga yang sedang mekar? Datang saja ke Taman Bunga Nusantara yang berada di daerah Puncak Bogor. Disini, Anda bisa menemukan beraneka macam Bunga dengan aneka warna dan bentuk. Lokasi Taman Bunga Nusantara ini berjarak sekitar 100 km dari Jakarta dan sekitar 90 km dari Bandung. Taman Bunga ini mengoleksi lebih dari 300 varietas bunga dari seluruh penjuru dunia.

Taman Bunga Nusantara terletak di sisi jalur menuju Puncak, Bogor yakni tepatnya berada di Desa Kawung Luwuk, Kec. Sukaresmi (Cipanas), Kabupaten Cianjur. Selain bisa menjumpai taman bunga yang luasnya 23 hektar, juga terdapat tempat rekreasi, restoran, parkir dan lainnya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Puncak Bogor Paling Menarik

11. Situs Gunung Padang
Situs Gunung Padang berlokasi di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan tepatnya berada di Desa Karyamukti Kec. Campaka, Cianjur. Situs Gunung Padang merupakan situs megalitik terbesar di Asia Tenggara yang berbentuk punden berundak. Di kalangan warga setempat, situs ini dipercaya sebagai bukti perjuangan Prabu Siliwangi membangun istana dalam waktu semalam.

12. Tirta Jangari
Tirta Jangari berlokasi di desa Bobojong Kec. Mande, berjarak 17 km dari Kota Cianjur. Tirta Jangari merupakan bab dari Waduk Cirata yang membendung Sungai Citarum. Waduk Cirata menggenangi tiga wilayah kabupaten yakni Kabupaten Cianjur, Purwakarta, dan Kabupaten Bandung.

Tempat wisata ini memperlihatkan wisata alam mulai dari sekedar melihat bendungan, melihat kegiatan warga sewtempat di jaring terapung, berkeliling danau dengan bahtera sampai melaksanakan kegiatan memancing. Selain bisa melihat jaring terapung dan budidaya ikan, disini Anda juga bisa mencoba menikmati hidangan berupa ikan bakar oleh sebuah rumah makan terapung.