Lokasi Dan Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas

Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas – Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jawa Tengah tapi ingin mencari suasana wisata baru, maka dapat berkunjung ke Curug Jenggala yang ada di Kabupaten Banyumas. Ya, curug ini tengah ramai diperbincangkan di sosial media terutama instagram. Tidak hanya pemandangan air terjunnya yang indah, namun daya tarik Curug Jenggala ini juga alasannya adanya Gimmick kekinian yang ada di lokasi air terjun.

Curug Jenggala mempunyai pemandangan yang masih asri dan alami dengan suasana segar sehingga cocok untuk melepas penat dari keramaian kota. Selain itu, untuk menambah daya tarik wisatawan, pengelola Curug Jenggala juga memperlihatkan spot selfie yang elok dan unik berupa altar cinta yang berada sempurna di depan air terjun. Nama lain Curug Jenggala ini ialah Curug Tempuan alasannya merupakan tempat pertemuan anutan 3 sungai. Curug dengan ketinggian sekitar 30 meter ini memang menjadi salah satu destinasi wisata wajib ketika berkunjung ke Banyumas.

 Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jawa Tengah tapi ingin mencari suasana wisata gres Lokasi dan Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas
Curug Jenggala Banyumas

Lokasi Curug Jenggala

Mungkin bagi sebagian wisatawan, nama Curug Jenggala ini masih terdengar abnormal di telinga. Ya, memang alasannya tempat ini termasuk wisata gres di Banyumas. Selain itu, Banyumas juga belum seterkenal Jogja, Magelang atau Kebumen yang mempunyai banyak tempat wisata menarik. Namun, bukan berarti banyumas tidak punya spot-spot wisata yang indah ya. Sebenarnya ada banyak tempat indah di Banyumas, hanya saja belum terekspos dan dikembangkan secara maksimal.

Lokasi Curug Jenggala berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari Kebun Raya Baturaden alasannya masih satu daerah di lahan Perhutani KPH Banyumas Timur.

Baca Juga :  10 Kawasan Wisata Di Blora Yang Paling Terkenal

Selain Curug Jenggala, masih ada beberapa Curug atau teladas yang dapat anda jumpai di Dusun Kalipagu yaitu Curug Bayan, Curug Gedhe dan Curug Penganten. Namun yang paling terkenal ialah Curug Jenggala

Kunjungi juga: 5 Tempat Wisata Populer di Baturaden

Akses dan Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas

Akses menuju ke Curug Jenggala cukup gampang mengingat lokasinya yang tidak berada jauh dari Taman Wisata Baturaden. Kaprikornus untuk rutenya menuju ke arah Baturaden kemudian ikuti arah ke Curug Bayan. Nanti disana akan ada sebuah Homestay yang sebelhnya ada jalan cukup sempit dan menanjak. Ikuti saja jalan tersebut sampai menjumpai plang-plang atau penunjuk jalan menuju Curug jenggala.

Setelah datang di lokasi parkir yang disediakan warga setempat, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 500 meter. Jalannya masih tanah yang kalau animo hujan berlumpur atau becek, disarankan menggunakan sandal gunung semoga lebih nyaman.

Peta lokasi Curug Jenggala :

Selfie Deck di Curug Jenggala

Saat berlibur ke Curug Jenggala, jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda di selfie deck yang berlambang hati. Suasana romantis akan terasa ketika berfoto di selfie deck. Selain itu, bunyi gemuruh teladas ditambah rindangnya pepohonan yang masih alami semakin menciptakan syahdunya suasana. Selfie deck berlambang hati ini, seakan-akan menjadi tempat wajib ketika berkunjung ke Curug Jenggala.

 Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jawa Tengah tapi ingin mencari suasana wisata gres Lokasi dan Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas
Lokasi Curug Jenggala Banyumas

Fasilitas di Curug Jenggala

Mengingat Curug Jenggala masih terbilang wisata baru, maka beberapa kemudahan penunjang wisata belum semuanya tersedia. Selain saluran jalan yang perlu dikembangkan, minimnya pedagang yang menjajakan kuliner menciptakan pengunjung juga harus repot membawa bekal. Curug Jenggala mungkin akan terus dikembangkan sehingga kedepannya akan mempunyai kemudahan yang lengkap.

Baca Juga :  17 Daerah Wisata Di Kendal Yang Wajib Anda Kunjungi

Harga Tiket Masuk Curug Jenggala Banyumas

Untuk dapat masuk ke daerah lokasi Curug Jenggala, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi masuk Rp 5000 per orang dan biaya parkir sepeda motor Rp 2000 dan kendaraan beroda empat Rp 5000.

 Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jawa Tengah tapi ingin mencari suasana wisata gres Lokasi dan Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas
Curug Jenggala Banyumas yang Alami

Tips Berwisata ke Curug Jenggala

  • Jangan lupa membawa uang yang cukup ya.
  • Ada baiknya membawa bekal dari rumah, alasannya di lokasi Curug Jenggala masih minim warung makanan.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan kondusif alasannya jalur menuju Curug tidak mengecewakan jauh dan cukup menanjak.