Lokasi Dan Rute Menuju Kampung Coklat Blitar

Rute Menuju Kampung Coklat Blitar – Jalan-jalan ke Blitar terasa kurang lengkap bila tidak mengunjungi tempat wisatanya. Selain pantai Peh Pulo, pemandian Sumber Udel dan Bukit Teletubbies, ada satu lagi tempat wisata di Blitar yang wajib anda kunjungi ialah Kampung Coklat. Sesuai namanya, disini terdapat kebun dan pohon coklat.

Selain sebagai tempat wisata edukatif, Kampung Coklat Blitar juga merupakan tempat pengembangan Kakao terbesar di provinsi Jawa Timur. Wisata Edukasi Kampung Coklat di Blitar ini terbilang cukup unik alasannya memanfaatkan gudang dan kebun sebagai tempat wisata keluarga yang belum ada di daerah Blitar. Lalu, dimana lokasi Kampung Coklat Blitar ini?

jalan ke Blitar terasa kurang lengkap bila tidak mengunjungi tempat wisatanya Lokasi dan Rute Menuju Kampung Coklat Blitar
Foto: fb.com/lina.katharina.3

Lokasi Kampung Coklat Blitar

Kampung Coklat Blitar berlokasi di Jl. Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Jika dari sentra Kota Blitar berjarak sekitar 10 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Sejarah Kampung Coklat Blitar

Kampung Coklat yang ada di Blitar ini awalnya merupakan sebuah kebun milik keluarga bapak Kholid Mustofa. Luas area perkebunan tersebut sekitar 750 meter persegi. Dari sebelumnya mengalami kerugian perjuangan ternak ayam petelur, bapak Kholid Mustofa alhasil melihat peluang bahwa kebun kakaonya akan lebih menjanjikan bila ditekuni dan dikembangkan secara professional.

Akhirnya bapak Kholid Mustofa memutuskan untuk mendalami budidaya kakao dengan magang PTPN XII Blitar dan Puslit Kota Jember. Setelah mencar ilmu disitu, dia membentuk komunitas berjulukan Gapoktan Guyub Santoso yang didirikan tanggal 1 Januari tahun 2005. Hingga pada tahun 2013, komunitas ini bisa memproduksi coklat olahan dengan cita rasa lokal bermerk GuSant. Nama brand ini diambil dari kata Guyub Santoso.

Baca Juga :  Pesona Teladas Telunjuk Raung Banyuwangi Jawa Timur
jalan ke Blitar terasa kurang lengkap bila tidak mengunjungi tempat wisatanya Lokasi dan Rute Menuju Kampung Coklat Blitar
Foto: IG @nurul.fitrianana

Akses dan Rute Menuju Kampung Coklat Blitar

Akses menuju wisata Kampung Coklat terbilang gampang alasannya jalannya beraspal baik dan bisa dilalui kendaran roda dua maupun roda empat. Untuk rutenya ialah bila dari Kota Blitar menuju arah Kademangan. Setelah menjumpai jembatan kembar Kademangan belok ke kiri dan lurus saja hingga di perempatan cukup besar belok kiri ke arah Lodoyo. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan lokasi Kampung Coklat yang terletak di pinggir jalan.

Fasilitas di Kampung Coklat

Di daerah wisata Kampung Coklat terdapat sejumlah kemudahan diantaranya area kuliner, outlet penjual minuman berbahan dasar coklat, mushola, panggung hiburan, bak refleksi ikan, edukasi pembibitan Kakao, Cooking Class, warung prasmanan, wahana permainan anak, pulo coklat dan lainnya.

jalan ke Blitar terasa kurang lengkap bila tidak mengunjungi tempat wisatanya Lokasi dan Rute Menuju Kampung Coklat Blitar
Jam Buka Kampung Coklat Blitar

Harga Tiket Masuk Kampung Coklat Blitar

Untuk bisa masuk ke daerah wisata Kampung Coklat, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 5.000 per orang. Jika Anda tiba secara rombongan ibarat study tour dan mahasiswa bisa menerima penggalan hingga 25.000 per 50 orang. Terdapat juga paket wisata lainnya yang bisa anda cek pribadi di website www.kampungcoklat.com.