Wisata Situ Biru Cilembang, Danau Biru Yang Mempesona Di Sumedang

Wisata Situ Biru Cilembang Sumedang Jawa Barat.

Kota Sumedang ini mempunyai beberapa lokasi wisata yang cukup menarik untuk mengisi liburan bersama keluarga, salah satunya yakni tempat wisata situ biru cilembang. Situ biru ini merupakan sebuah danau yang kalau dilihat akan berwarna biru makanya dinamakan situ biru atau danau biru cilembang. Ukuran danau yang terletak di kabupaten Sumedang ini memang tidak sebesar situ cileunca pangalengan Bandung, tetapi keindahan yang dimiliki danau ini bisa menarik wisatawan dari banyak sekali kota di Jawa barat.

Wisata Situ Biru Cilembang Sumedang Jawa Barat Wisata Situ Biru Cilembang, Danau Biru Yang Mempesona di Sumedang
Situ Biru Cilembang Sumedang
Danau biru satu ini memang bahu-membahu sudah ada semenjak lama, konon berdasarkan masyarakat setempat sudah ada semenjak tahun 60 dan hingga kini kondisi airnya masih sangat jernih bahkan kalau dari akrab bisa untuk bercermin. Tempat ini mulai ramai dibicarakan dan dikunjungi orang semenjak adanya postingan foto di Instagram dan hal ini cukup menciptakan banyak orang yang mencari keberadaan situ biru yang ada di Sumedang ini. Karena melihat banyaknya antusias dari masyarakat karenanya pada Januari 2016 situ biru cilembang ini pun dikelola sebagai tempat wisata alternatif bagi warga sumedang dan kota lainnya. Walaupun danau ini sudah ada semenjak lama, tetapi air di danau biru ini tidak pernah kering, hal ini disebabkan lantaran di dasar situ biru cilembang ini terdapat mata air yang tidak bisa terlihat oleh mata kita. Tempat wisata ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang cukup dikeramatkan oleh warga setempat. Mitos yang beredar di masyarakat yakni kalau kita membasuh tubuh dan muka memakai air dari danau situ biru cilembang ini bisa menciptakan kita selalu terlihat infinit muda. Ingat ya di tempat ini kita hanya diperbolehkan membasuh tubuh dan muka saja, tidak diperbolehkan untuk berenang lantaran kalau berenang akan menciptakan danau yang sangat mempesona ini menjadi kotor. Menurut para sesepuh disana kalau danau situ biru cilembang ini dikotori maka penunggu danau tersebut akan marah, jadi kalau anda mengunjungi tempat wisata situ biru ini tetaplah menjaga kebersihan supaya lokasi wisata ini tetap selalu terlihat alami.

Alamat tempat wisata situ biru cilembang sumedang.

Lokasi situ biru cilembang ini bisa dibilang unik lantaran letaknya yang berada di tengah sawah yang dikelilingi oleh banyak pepohonan rimbun, jadi kalau dari kejauhan akan terlihat menyerupai salah satu danau yang tersembunyi. Alamat dari situ biru cilembang ini di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua – Kabupaten Sumedang. Jika anda ingin mengetahui letak lokasi dari situ biru cilembang sumedang ini, silahkan lihat google maps dibawah ini.

Rute jalan ke wisata situ biru cilembang sumedang.

Untuk anda yang ingin mengunjungi tempat wisata situ biru cilembang ini rute jalannya memang tidak terlalu sulit, walaupun jaraknya masih agak jauh dari wana wisata kampoeng ciherang tetapi kondisi jalannya sudah bagus. Rute jalan yang harus anda gunakan kalau ingin ke situ biru cilembang, pertama anda harus keluar gerbang tol Cileunyi atau ke tempat Cileunyi dan mengarahkan kendaraan ke Jatinangor kemudian lurus terus kearah Sumedang. Setelah hingga di pertigaan Cimalaka anda mengambil rute yang ke pertigaan Legok dan mengikuti papan petunjuk jalan ke kecamatan buah dua. Setelah itu tinggal cari saja desa Hariang atau kalau ragu gunakan navigasi google maps supaya gak kesasar. Jika dari Bandung perjalanan menuju situ biru cilembang ini kurang lebih memakan waktu 3 jam perjalanan. 

Tiket Masuk Wisata Situ Biru Cilembang Sumedang. 

Mengenai harga tiket masuk wisata situ biru cilembang sumedang ini masih di gratiskan, tetapi untuk kedepannya kami belum mengetahui apakah ada biaya atau tidak. Saat ini untuk kesana kita hanya akan dikenakan retribusi parkir yaitu kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan kendaraan beroda empat Rp 5.000.

Fasilitas di tempat wisata situ biru cilembang sumedang.

Untuk kemudahan di tempat wisata situ biru cilembang ini tergolong masih sangat minim sekali, tetapi untuk beberapa kemudahan yang penting sudah ada diantaranya.

– tempat parkir : untuk parkir motor sudah tidak mengecewakan cukup, tetapi parkir kendaraan beroda empat masih sangat sempit, mungkin lantaran kekurangan lahan.

– toilet : untuk toilet sudah tersedia tetapi masih satu, mudah-mudahan kedepannya bisa lebih baik.

– tempat masakan : gres ada tempat berjualan masakan dan minuman, itu juga hanya masih sebatas masakan ringan, belum ada restoran.

Baru itu saja kemudahan yang ada di lokasi wisata situ biru cilembang sumedang, tidak menyerupai di tempat wisata alam Bandung yang sudah sangat lengkap fasilitasnya.

Baca : wisata alam Bandung yang wajib anda kunjungi

Tips Wisata ke Situ Biru Cilembang Sumedang.

Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata situ biru cilembang sumedang ini ada sedikit tips yang bisa kami bagikan seperti:

– kalau sudah hingga di situ biru cilembang sumedang sebaiknya jangan berbicara kata-kata yang kurang pantas lantaran tempat wisata ini sangat disakralkan berdasarkan warga setempat dan berbicara kata yang tidak pantas di sini yakni salah satu pantangan bagi warga disana.

– kondisi jalan kearah tempat wisata situ biru cilembang ini memang sudah bagus, tetapi didalam lokasi wisatanya terdapat banyak bebatuan, sebaiknya anda perlu berhati-hati dalam berjalan.

– kalau perlu bawalah masakan dan minuman dari rumah lantaran walaupun ada tempat berjualan masakan dan minuman di lokasi wisata situ biru ini tetap saja masih sangat minim.

Sekian tips dan gosip yang bisa kami bagikan mengenai tempat wisata situ biru cilembang sumedang, biar bisa bermanfaat. Selamat berlibur.

Baca Juga :  Ocean Dream Samudra Ancol