Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Taman Hutan Raya Juanda ini berbeda dengan Taman Buah Mekarsari yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, Taman Buah Mekarsari Bogor merupakan taman tempat konservasi buah-buahan saja dan buahan-buahan disana sengaja di tanam, tetapi Taman Hutan Raya Juanda merupakan suatu tempat konservasi alam dan juga didalamnya terdapat banyak spot-spot lokasi yang sangat manis untuk dikelola menjadi tempat wisata .Tujuan dari taman hutan raya juanda yakni sebagai paru-paru kota khususnya kota Bandung. Dulunya Taman Hutan Raya ini hanya mempunyai luas kurang lebih sekitar 10 hektar saja tetapi kini semakin berkembang hingga hampir mendekati 600 hektar. Saat ini Taman Hutan Raya Juanda ini difungsikan juga sebagai tempat wisata. Untuk wisata yang satu ini mulai dibuka dari jam 08.00 pagi dan tutup jam 18.00 sore hari. Lokasi taman hutan raya juanda ini berada di kampung pakar atau biasa orang sebut dengan Goa Pakar. Karena begitu luasnya dikala ini ,lokasi wisata hutan raya juanda ini mempunyai beberapa kanal jalan pintu masuk yaitu diantaranya :
– gerbang masuk dari Dago Pakar
– gerbang masuk dari PLTA Bengkok atau Curug Dago
– sanggup juga masuk dari daerah Tempat Wisata Curug Omas Bandung .
Di Hutan Raya Juanda ini para pengunjung sanggup menikmati kesegaran udara dan juga keindahan tempat berupa hutan pinus.

 Taman Hutan Raya Juanda ini berbeda dengan Taman Buah Mekarsari yang pernah saya bahas pa Taman Hutan Raya Juanda
Taman Hutan Raya Juanda

Tempat Wisata Di dalam Taman Hutan Raya Juanda

Selain sebagai hutan konservasi ternyata didalam Taman Hutan Raya Juanda terdapat beberapa tempat wisata menarik yang sanggup kunjungi baik berupa wisata keindahan alam dan juga lokasi wisata bersejarah. Beberapa tempat wisata di dalam Taman Hutan Raya juanda diantaranya :

1. Goa Jepang.

Goa jepang ini didirikan oleh tentara jepang pada tahun 1942 tentunya pekerjanya yakni orang indonesia atau para romusha. Konon Goa Jepang ini dulunya merupakan tempat interogasi dan juga tempat penyiksaan bagi orang – orang yang menentang pemerintahan tentara jepang. Kondisi didalam goa ini sangat gelap ,jika ingin masuk mungkin anda perlu senter yang banyak di sewakan oleh penduduk sekitar sana. Jika takut kesasar didalam goa anda juga sanggup menyewa jasa pemandu wisata yang ada di pintu-pintu Goa Jepang ini. Untuk mengunjungi Goa Jepang ini sudah tidak perlu membayar tiket sebab sudah termasuk dalam tiket seharga Rp 10.000/orang sewaktu memasuki tempat Taman Hutan Raya Juanda 

 Taman Hutan Raya Juanda ini berbeda dengan Taman Buah Mekarsari yang pernah saya bahas pa Taman Hutan Raya Juanda
Goa Jepang Taman Hutan Raya Juanda
Baca Juga :  Kuliner Dan Belanja Di Ciwalk Bandung

2. Goa Belanda 

Goa Belanda ini juga sama terletak di dalam tempat Taman Hutan Raya Juanda atau biasa orang sebut dengan Dago Pakar. Goa ini dibangun pada masa penjajahan Belanda tahun 1941 dan di fungsikan sebagai stasiun Radio dan juga sebagai gudang Mesiu oleh para pejuang indonesia sesudah jaman kemerdekaan .Panjang dari Goa Belanda ini kurang lebih sekitar 540 meter .

 Taman Hutan Raya Juanda ini berbeda dengan Taman Buah Mekarsari yang pernah saya bahas pa Taman Hutan Raya Juanda
Goa Belanda Taman Hutan Raya Juanda

Konon ada sebuah mitos yang beredar di masyarakat yaitu bila kita berkunjung ke Goa Belanda pengunjung dihentikan menyebut kata ” Lada “. Pada hal kata Lada itu dalam bahasa sunda berarti Pedas, tapi ya namanya mitos ya kita ikutin saja khan gak ada ruginya. Lada itu merupakan sebuah nama dari Tokoh Masyarakat disana pada jaman dahulu dan nama Lada tersebut sangat disakralkan oleh masyarakat setempat jadi konon yang menyebut kata Lada disana akan mengalami kesurupan. Itulah mitos yang beredar disana.


3. Tebing Keraton
Tebing keraton merupakan sebuah tebing yang letaknya masih berada di dalam lokasi Taman Hutan Raya Juanda. Dari tebing ini kita sanggup melihat pemandangan hutan juanda yang luas dari ketinggian. Pemandangan di Tebing Keraton ini berupa hutan pinus yang sama dengan The Lodge Maribaya Bandung sehingga spot lokasinya sangat manis untuk anda yang bahagia berfoto. Saat yang paling sempurna dan paling indah yakni memandang matahari terbit dari tebing keraton. Dan bila jam 6 pagi diatas tebing ini juga kita sanggup memandang seluruh Taman Hutan Raya Juanda yang masih diselimuti oleh kabut tebal.

 Taman Hutan Raya Juanda ini berbeda dengan Taman Buah Mekarsari yang pernah saya bahas pa Taman Hutan Raya Juanda
Tebing Keraton Taman Hutan Raya Juanda

Untuk anda yang ingin mengunjungi tebing Keraton sebaiknya tidak lupa untuk membawa jaket tebal sebab kondisi udara disana masih sangat dingin. Dan perlu berhati – hati juga dalam menempuh perjalanan ke Tebing Keraton sebab kondisi jalan masih berbatu dan bila hujan akan terasa licin.

4. Curug Maribaya

Curug ini lebih tepatnya berada didaerah Maribaya Lembang tapi dari Taman Hutan Raya Juanda bila berjalan kaki juga kita sanggup hingga di Curug Maribaya,hal ini dikarena luas Daerah konservasi hutan memang membentang dari daerah Dago Sampai ke Maribaya Lembang. Curug Maribaya ini orang juga sering menyebutnya sebagai Curug Omas.

 Taman Hutan Raya Juanda ini berbeda dengan Taman Buah Mekarsari yang pernah saya bahas pa Taman Hutan Raya Juanda
Curug Maribaya Taman Hutan Raya Juanda
Baca Juga :  12 Kawasan Wisata Di Subang Yang Wajib Dikunjungi

Untuk menuju ke Curug Maribaya ada dua jalur pintu masuk yang sanggup anda lalui, sanggup melalui Taman Hutan Raya Juanda atau anda sanggup juga melalui jalan maribaya lembang yang akrab dengan tempat Wisata Floating Market Lembang

Rute Jalan Menuju Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Untuk menuju atau berwisata ke Taman Hutan Raya Juanda cukup gampang bila anda merupakan wisatawan dari jakarta anda tinggal keluar gerbang tol pasteur kemudian lurus terus ikuti petunjuk jalan ke arah ir.haji juanda atau biasa orang sebut dengan Dago . Setelah itu tinggal ambil petunjuk jalan ke arah Dago Pakar ,cukup gampang sebab sudah banyak papan petunjuk jalan.

Jika anda ingin melalui jalur lembang anda tinggal keluar tol pasteur kemudian masuk ke jalan sukajadi dan lurus terus kearah jalan lembang,setelah hingga di perempatan lampu merah anda lurus lagi kearah Maribaya. Dari sana anda sanggup masuk ke Taman Hutan Raya Juanda melalui wisata Curug omas dengan berjalan kaki atau memakai jasa ojek . Gimana pendapat para pembaca cukup seru khan bila wisata ke Taman Hutan Raya Juanda,setelah lelah menelusuri wisata bandung anda juga sanggup sekedar jalan untuk menikmati masakan dan masakan yang ada di kota Bandung. Berbicara soal masakan saya ada sedikit rekomendasi makanan yummy dipinggir jalan kota Bandung yang wajib anda coba.

Tips Wisata ke Taman HUtan Raya Juanda Bandung.

untuk anda yang ingin melaksanakan wisata ke taman hutan raya juanda dago ini, ada beberapa tips yang sanggup kami bagikan diantaranya :
– sebaiknya siapkan fisik anda sebab wilayah taman hutan raya juanda ini sangat luas sehingga sanggup menciptakan anda kelelahan dikala berjalan.
– sebaiknya pakailah bantalan kaki yang nyaman contohnya sepatu, untuk perempuan sebaiknya jangan gunakan high hills supaya tidak cepat lelah kaki anda.
– alangkah baiknya bila berangkat lebih pagi untuk menuju ke taman hutan raya juanda supaya anda sanggup mempunyai waktu yang cukup untuk menjelajah seluruh tempat taman hutan raya juanda ini.
– bila pagi hari lokasi wisata taman hutan raya juanda ini sangat baik untuk melaksanakan acara olah raga ibarat jogging atau bersepeda sebab udara di taman hutan juanda ini sangat segar.
sekian isu yang sanggup kami bagikan mengenai tempat wisata taman hutan raya juanda, agar sanggup bermamfaat dan selamat berlibur.

Selamat berwisata….