Wisata Bandung: Farm House Lembang

Perjalanan ke Farm House Lembang sebelumnya dimulai dari jendela alam, sebab berhubung lokasinya tidak begitu jauh (sama-sama di Lembang) dan kala itu masih siang, jadi aku dan anak aku melanjutkan perjalanan ke Farm House ini. Lagi-lagi aku menggunakan grab car, biaya yang harus dikeluarkan dari jendela alam ke farm house hanya 14rb rupiah saja loh.

Pertama kali masuk ke lokasi wisata ini, pas masuk diparkiran kami dimintai tiket masuk sebesar 20rb rupiah per orang, dan tiket ini dapat ditukarkan dengan 1 gelas susu untuk setiap tiketnya. Menurutku ini sangat murah, terlebih kita dikasih segelas susu segar dan cuek 😀

Tempat ini aku datangi atas rekomendasi teman saya, katanya sih disini dapat menjadi salah satu destinasi menarik terlebih untuk anak jikalau jalan-jalan ke Bandung. Perasaan pertama dikala masuk di farm house yaitu adem banget… Makara mulai dari lokasi parkir hingga ke dalam, disini ada begitu banyak pohon. Angin yang bertiup juga tidak mengecewakan dingin, meski gak dingin-dingin banget ya tetap cuek lah. Waktu itu kebetulan juga lagi ada tour beberapa kelompok, jadi memang suasananya lagi ramai-ramainya.

Luas tanah kawasan wisata ini menurutku gak terlalu besar, kaki tidak perlu hingga ke kawasan refleksi lah sepulang dari sini. Penataan lokasi yang berkelok-kelok menunjukkan kesan yang luas, padahal bergotong-royong kecil ya. Oh iya, aku juga sempat membaca salah satu gosip di google bahwa ada rumah hobbit di farm house ini. Memang benar sih ada rumah hobbitnya, ekspektasi aku mungkin yang berlebih menganggap lokasi ini ada area khusus berukuran besar yang di tata menyerupai dengan kampung para hobbit menyerupai di film, ternyata realita tidak menyerupai ekspektasiku, rumah hobbitnya tidak dapat dimasuki dan hanya ada dua rumah saja yang bersebelahan. Oh iya ada lagi satu tapi terpisah jaraknya tidak mengecewakan jauh.

Kebanyakan spot disini mempunyai gaya eropa, bahkan kita dapat menyewa baju ala eropa untuk digunakan berkeliling sambil berpose ala peternak di belahan eropa sana, lucu. Tapi yah waktu itu sebab hanya berdua dengan anak dan antrian penyewaan baju yang begitu panjaaaang, jadi aku memutuskan untuk lanjut saja tanpa berfoto ala kekinian di farm house.

Banyaknya tanaman indah dan pohon di lokasi ini, membuatnya semakin nyaman untuk ditelusuri, dan oh iya disini juga ada spot gembok cinta loh ala korea. Makara buat yang mau berfoto dilatar belakangi dengan ribuan gembok, tidak usah jauh-jauh ke korea lah, ke farm house Lembang saja.

Selain itu, ada juga spot dimana kita dapat bermain dengan domba dan kelinci. Untuk memberi makan, kita dapat membeli sepaket wortel dengan harga mulai 15rb rupiah. Jika tidak ingin memberi makan, kita juga bebas kok masuk ke dalam kandangnya dan berpose bersama domba dan kelinci. Domba dan kelincinya sudah jinak banget, buktinya si domba asik aja berpose dengan insan berada disampingnya, dan dijamin gak ada bau sama sekali, soalnya air seni dan kotorannya ditampung pada sebuah penampungan yang disimpan di cuilan belakang domba dan ada banyak petugas yang siap membersihkan kotoran yang tercecer di dalam atau luar kandang.

Selain kelinci dan domba bergotong-royong ada binatang lain yang berada tidak jauh dari sangkar domba dan kelinci, ada sapi, marmut, ikan dll, hanya saja kondisi anak aku waktu lagi sedang ngantuk berat dan aku tidak bawa stroller, jadi kami tidak begitu usang bermain dengan binatang lain. Saran aku sih, jikalau memang mau main agak lama, mungkin si kecil dapat dibawakan stroller buat beliau duduk elok hingga tertidur, soalnya lokasinya juga ramah stroller kok 😀
Jika ingin membeli buah tangan khas farm house juga ada kok dijual disini, harga juga cukup bersahabat, masih masuk logika sehat lah harganya dan oh iya, jikalau kita ingin membawa pulang susu segarnya juga bisa. Susunya sudah dikemas dalam botolan kecil dan dijual seharga 20rb rupiah setiap 5 botolnya. Ada juga permen susu yang dijual seharga 25rb rupiah, yang bahkan belum mampu aku habiskan meski sudah hampir seminggu pulang dari Bandung 😀

Nah, sekian dulu goresan pena aku mengenai farm house Lembang, kawasan wisata ini aku rekomendasikan buat yang ingin berwisata di Bandung, terlebih jikalau membawa anak kecil. Buat yang mau sekedar foto-foto juga boleh, soalnya kawasan ini bagus bener buat jadi spot foto.
Baca Juga :  Wisata Situs Watu Kuda Gunung Manglayang Bandung