Curug Cinulang Cicalengka

Curug Cinulang Cicalengka

– Daerah Cicalengka ini merupakan perbatasan antara kota Bandung dan Sumedang, lokasi ini termasuk salah satu tempat yang sanggup kita bilang minim akan tempat wisata. Walaupun minim masih ada satu tempat wisata yang cukup menarik dan sanggup menjadi destinasi wisata untuk mengisi liburan yaitu Curug cinulang Cicalengka. 
Ternyata didaerah Cicalengka ada lokasi wisata yang tidak mengecewakan cukup menarik untuk di kunjungi. Curug Cinulang ini juga bagi sebagian orang menyebutnya dengan Curug sindulang, bagi sebagian orang mungkin menyebutnya begitu alasannya letak jeram ini yang sempurna berada di kecamatan Sindulang. Curug ini ketinggian sekitar 50-60 meter serta mempunyai dua buah pancuran yang cukup besar, padahal berdasarkan masyarakat setempat pada dahulu kala Curug ini mempunyai tiga pancuran jeram tetapi entah kenapa yang satunya kering sehingga hanya tersisa dua. Bekas jeram yang sudah kering tersebutpun hingga ketika ini sanggup kita lihat jikalau mengunjungi Curug Cinulang atau Curug sindulang ini. Jika ketika libur Curug ini sering terlihat cukup banyak pengunjungnya, mungkin dikarenakan lokasinya yang memang cukup gampang dicapai, tidak menyerupai Curug Gorobog Sumedang yang masih sangat alami dan memang untuk ke Curug Gotong ini saluran jalannya sangatlah sulit.

 Daerah Cicalengka ini merupakan perbatasan antara kota Bandung dan Sumedang Curug Cinulang Cicalengka

Akses jalan menuju Curug Cinulang

Untuk Akses jalan menuju tempat wisata Curug Cinulang cukup gampang , jikalau anda memakai kendaraan beroda empat dari bandung kota atau jakarta tinggal mengambil saluran kelur Tol Cileunyi kemudian menuju kearah jalan Rancaekek-Garut . Setelah itu tinggal luruh terus hingga ketemu petunjuk jalan menuju Wisata Aki Enin atau jalan Cabang menyerupai foto dibawah ini :

 Daerah Cicalengka ini merupakan perbatasan antara kota Bandung dan Sumedang Curug Cinulang Cicalengka

sehabis ketemu patokan jalan menyerupai diatas anda tinggal ambil menuju sebelah kiri /kebawah, sehabis 50 meter kemudian belok kiri menuju ke jl.Curug Cinulang . Jangan hingga lurus terus alasannya jikalau lurus terus akan menuju kembali kearah atas ( kearah Garut ). Setelah berbelok kekiri anda tinggal mengikuti jalan aja kearah atas.

Pemandangan sekitar jalan ke sana juga cukup manis ,bisa menikmati keindahan kota dari atas ketinggian. Nih saya share fotonya pemandangan diperjalanan menuju Curug Cinulang.

 Daerah Cicalengka ini merupakan perbatasan antara kota Bandung dan Sumedang Curug Cinulang Cicalengka

Bagaimana berdasarkan para pembaca ? cukup manis khan pemandangan dalam perjalanan menuju ke Curug Cinulang. Selama diperjalanan sebelum hingga di Curug Cinulang kita terlebih dahulu akan menemukan satu tempat wisata juga yang dinamakan Pondok Wisata Aki dan Enin.
Sebelum hingga di Curug kita bahas sedikit mengenai Wisata di Aki dan Enin. Oh iya jikalau para pembaca masih binggung mengenai jalur jalan menuju kesana sanggup coba pelajari dan lihat google maps dibawah ini

Baca Juga :  Wisata Alam Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Lain Yang Berdekatan dengan Curug Cinulang Pondok Wisata Aki dan Enin

Tempat Wisata Aki dan Enin merupakan tempat wisata lainnya yang berdekatan dengan Curug Cinulang . Pondok Wisata ini lebih manis jikalau dipakai untuk berwisata keluarga. Tiket masuknya cukup murah kok cuma Rp 10.000 /orang. Pemandangan disana yang sanggup kita nikmati itu ada area pesawahan . Kontur pesawahan disana itu sengaja dibentuk miring atau biasa disebut terasering. Tiket masuk disana juga sudah termasuk untuk berenang , didalam sana itu ada kolam renang,

Masih ada beberapa kemudahan lain menyerupai sewa pondok yang disediakan kita ingin menginap . Ada juga sewa organ tunggal dan juga tempat untuk acara karaoke.

Setelah membahas mengenai Wisata di Aki dan Enin kita kembali melanjutkan perjalanan ke Curug Cinulang. Jarak dari Aki dan Enin untuk ke Curug cukup ditempuh dalam waktu 15 menit . Setelah hingga di Curug Cinulang kamipun membayar tiket masuk . Setelah masuk para pengunjung pribadi sanggup melihat jeram curug cinulang dari kejauhan akrab pintu masuk lokasi wisata.
Sampai disana saya kira bakalan gampang untuk mendekati jeram , ternyata tidak gampang . Kita masih harus berjalan menuruni berbagai anak tangga , saya akui cukup pegal juga . Kalau di wisata Gunung Bromo Jawa Timur supaya sanggup spot menarik kita harus naik tangga,tapi jikalau di Curug Cinulang malah sebaliknya, kita harus turun tangga. Nih bentuk tangga yang harus kita lalui untuk hingga ke Curug :

 Daerah Cicalengka ini merupakan perbatasan antara kota Bandung dan Sumedang Curug Cinulang Cicalengka

Tapi karenanya kita putuskan untuk menuruni anak tangga tersebut tapi kalau capek tinggal istirahat dulu di warung dan karenanya hingga juga di air terjunnya.

Curug Cinulang mempunyai dua jeram yang bersebelahan , pancuran airnya juga sangat deras . Kalau saya lihat jeram Curug Cinulang itu cukup manis ,hanya sangat disayangkan kondisi kebersihannya kurang terjaga dan warung warung tempat berjualan juga kurang terawat, tidak menyerupai di Wana Wisata Kampoeng Ciherang yang tertata sangat rapih.

Fasilitas di Wisata Curug Cinulang Cicalengka.

Untuk kemudahan yang ada di Curug Cinulang Cicalengka ini kami rasa sudah cukup lengkap alasannya disana sudah tersedia toilet, tempat berjualan masakan dan minuman, tempat ibadah, tempat lokasi parkir kendaraan, hanya satu yang belum ada yaitu tempat penginapan. Tetapi jikalau anda ingin menginap mungkin solusinya sanggup di tempat wisata Aki dan Enin yang letaknya tidak jauh dari sana.

Tips Wisata ke Curug Cinulang Cicalengka.

Untuk anda yang ingin mengunjungi Curug Cinulang Cicalengka ini ada sedikit tips yang sanggup kami bagikan diantaranya:

– jangan lupa membawa baju ganti alasannya rasanya kurang seru kalau kita mengunjungi tempat wisata jeram tetapi tidak main air dan niscaya akan berair semua. Makanya anda perlu bawa baju ganti.

– Untuk saluran jalan menuju kesana sedikit sempit tetapi masih muat untuk mobil, jadi anda perlu sedikit berhati-hati ketika dalam perjalanan.

– Sebaiknya waktu yang sempurna untuk mengunjungi Curug Cinulang ini yaitu ketika tidak dalam kondisi hujan, alasannya ketika hujan air di Curug ini sangat keruh sehingga tidak manis untuk dilihat. 

Cuma itu aja sedikit tips dari kami dan singkat kata sehabis puas bermain ditempat wisata Curug Cinulang karenanya datang saatnya kami untuk pulang , perjalanan pulang pun kita tetap harus kembali menaiki anak tangga untuk kembali keatas. Kalau bicara mengenai tangga di tempat wisata Curug Cinulang ini saya jadi kembali teringat tempat wisata di Malaysia yang pernah kami kunjungi dan juga mempunyai tangga yang cukup banyak sejumlah 272 buah. Untuk pengelola tempat wisata tersebut saya sangat berharap biar lebih sanggup memperhatikan problem kebersihannya dan juga para pengunjung atau kalian yang suka berwisata tetap jagalah kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan . Sekian info dari admin ,semoga sanggup bermamfaat.