Keindahan Dan Mitos Kawasan Wisata Situ Ciburuy Padalarang Bandung

Keindahan dan Mitos Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang

Kali ini wisata dan masakan akan kembali membahas mengenai salah satu tempat wisata bandung yang pernah dijadikan judul dari sebuah lagu sunda, jikalau anda sering mendengarkan lagu sunda tentu niscaya akan sanggup menebak kira-kira tempat wisata mana yang admin maksudkan. Lagu sunda yang admin maksud berjudul ” Situ Ciburuy “. Situ Ciburuy tidak hanya sekedar dari sebuah judul lagu saja, akan tetapi tempat bahwasanya memang kenyataannya ada . Tempat Wisata Situ Ciburuy berada di kawasan Padalarang Bandung masih sejalur dengan Wisata Mata Air Sendang Geulis Kahuripan yang pernah admin bahas pada artikel sebelumnya . Untuk menuju tempat wisata situ ciburuy ini anda tinggal keluar saja di gerbang tol Padalarang dan tinggal mengambil jalan kearah cianjur sejauh kurang lebih satu kilometer saja anda sudah hingga di lokasi wisata .

Keindahan dan Mitos Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang Keindahan dan Mitos Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang Bandung
Wisata Situ Ciburuy

Tempat wisata Situ Ciburuy ini berada di Desa Ciburuy – Kecamatan Padalarang , jikalau anda pernah ke jakarta melalui Padalarang ( via jalur jalan biasa bukan tol ) niscaya pernah melewati lokasi wisata satu ini. Situ Ciburuy merupakan sebuah Danau yang sangat luas kurang lebih sekitar 25 hektar dan di danau tersebut sudah disediakan sarana untuk permainan para pengunjung ibarat halnya ketika anda mengunjungi tempat wisata Situ Cileunca Pangalengan contohnya menelusuri danau dengan menaiki bahtera , melaksanakan kegiatan bersepeda air sambil menikmati suasana sekitar danau yang berupa pegunungan dan juga perbukitan yang sangat indah. Tempat ini dulunya merupakan peninggalan dari jaman raja terdahulu yaitu Prabu Siliwangi , pada dikala ini situ ciburuy dijadikan sebagai tempat beradu kesaktian dari para jawara dari pulau Jawa. Karena tempat tersebut merupakan peninggalan jaman Prabu Siliwangi maka ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat sekitar. Apa saja sih mitos dari Situ Ciburuy mari kita simak dibawah ini :

Keindahan dan Mitos Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang Keindahan dan Mitos Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang Bandung
Situ Ciburuy Padalarang
Baca Juga :  Tempat Wisata Pantai Santolo Garut Selatan

Mitos Mengenai Situ Ciburuy Padalarang

Walaupun dikala ini Situ Ciburuy Padalarang ini sudah dikelola dengan baik sebagai tempat wisata ibarat sudah banyaknya tempat berjualan masakan dan banyaknya akomodasi wisata lainnya bahkan akomodasi wisata yang ada di Situ Ciburuy tidak kalah dengan Tempat Wisata Situ Patengang tetap saja mitos yang beredar di masyarakat sekitar Situ Ciburuy masih di percaya hingga kini ini . Beberapa mitos mengenai Situ Ciburuy diantaranya :
– Ikan di Situ Ciburuy sulit di pancing
Didalam lagu sunda yang berjudul Situ Ciburuy didalamnya terdapat kata-kata ” Situ Ciburuy, Lauk na Hese di Pancing ” kata tersebut jikalau di terjemahkan dalam bahasa indonesia artinya Situ Ciburuy, ikannya sulit dipancing hal ini dikarena memang adanya mitos ibarat itu dari jaman dulu tetapi konon yang sanggup memancingnya hanyalah pribumi setempat atau hanya warga orisinil kampung Ciburuy yang sanggup memancingnya. Tapi itu hanya sekedar mitos tapi jikalau anda berkeinginan untuk mencoba memancingnya silahkan saja.
– Terdapatnya Pusaran Air di Situ Ciburuy
Walaupun air di Situ Ciburuy selalu terlihat damai konon pernah ada yang pernah melihat pusaran air ditengah danau, akan tetapi kemunculan pusaran air ini hingga dikala ini belum pernah ada yang sanggup memprediksi benar atau tidaknya.
– Jika di Situ Ciburuy Tidak Boleh Pacaran
Ada dogma yang bebuyutan dari warga sekitar yang katanya jikalau ada pasangan yang sedang berpacaran dan mengunjungi Situ Ciburuy maka kekerabatan asmara mereka tidak akan bertahan lama, namanya juga mitos anda boleh percaya boleh juga tidak , kalau admin sendiri sih tetap akan mengunjungi tempat wisata tersebut yang penting kita harus selalu berlaku sopan dan jikalau pacaran sewajarnya saja jangan hiperbola ditempat umum.
Berikut diatas ialah mitos yang paling sering beredar di masyarakat mengenai Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang.

Baca Juga : Wisata Batu Cinta Situ Patenggang

Keindahan dan Mitos Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang Keindahan dan Mitos Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang Bandung
Situ Ciburuy Bandung
Baca Juga :  Wisata Jogja Candi Prambanan Yang Indah Dan Wajib Kalian Kunjungi

Harga Tiket Masuk Situ Ciburuy

Menurut admin tempat wisata Situ Ciburuy merupakan salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi jikalau kedaerah bandung alasannya selain tempatnya yang gampang untuk di telusuri juga harga tiketnya yang sanggup di bilang sangat murah. Jika anda melaksanakan wisata ke kawasan bandung ibarat Wisata Kawah Putih Bandung akan akan mengeluarkan biaya yang cukup besar , tetapi jikalau ke wisata Situ Ciburuy tiket masuknya hanya Rp 7.500/orang . Sarana wisata lainnya ibarat sewa bahtera hanya berkisar antara Rp 20.000 hingga dengan Rp 60.000 saja, cukup murah khan.

Kegiatan Adat di Situ Ciburuy Padalarang

Jika anda kebetulan berwisata ke Situ Ciburuy pada bulan Muharam, anda sanggup menikmati wisata budpekerti berupa pembersihan pusaka peninggalan Prabu Siliwangi ibarat Keris dan lainnya. Upacara budpekerti yang sudah dilakukan bebuyutan oleh masyarakat Ciburuy ini dinamakan Upacara Seba. Sekian info yang sanggup admin bagikan mengenai Keindahan dan Mitos Tempat Wisata Situ Ciburuy Padalarang , agar mitos yang beredar disana tidak menjadi penghalang untuk ada yang ingin berwisata.