Wisata Situs Watu Kuda Gunung Manglayang Bandung

Wisata Situs Batu Kuda Gunung Manglayang Bandung.

– Selama ini lebih banyak orang mengenal tempat wisata di daerah Bandung hanya terfokus di daerah Lembang mirip Gunung Tangkuban Perahu dengan kawah ratunya dan juga di daerah Ciwidey yang populer dengan wisata Kawah Putih dengan pemandangan danau belerangnya yang begitu indah. Tapi apakah anda tidak tertarik untuk mencoba salah satu lokasi wisata yang berada disekitaran Cibiru yang berjulukan Situs Batu Kuda Gunung Manglayang . Di tempat wisata situs kerikil kuda ini anda sanggup melihat yang namanya Batu Kuda dan Batu Kursi, kenapa dinamakannya begitu ? Karena kerikil tersebut memang bentuknya ibarat kepala kuda dan kursi. Situs Batu Kuda ini keberadaannya pastinya mempunyai dongeng atau mitos terbentuknya kerikil tersebut. Jika penasaran dongeng mitosnya nanti akan kita bahas. Meskipun adanya banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai tempat wisata situs kerikil kuda ini namun bila berkunjung kesana anda akan dimanjakan dengan udara pegunungan yang sejuk dan juga pemandangan pepohonan hijau yang begitu menyegarkan mata anda. Disekeliling kerikil kuda juga sudah ditanami banyak sekali macam bunga sebagai hiasan demi kenyamanan para pengunjung,tanaman bunga tersebut juga sanggup memperindah bila para pengunjung akan berfoto di area situs kerikil kuda tersebut.

Wisata Situs Batu Kuda Gunung Manglayang Bandung Wisata Situs Batu Kuda Gunung Manglayang Bandung
Tempat Wisata Situs Batu Kuda
Setiap hari libur banyak sekali wisatawan yang sengaja tiba ke daerah wisata ini hanya sekedar melepas penat dengan menikmati udara segar dan menikmati keindahan hutan Pinus yang mempunyai luas sekitar 20 hektar. Wisata Situs Batu Kuda Gunung Manglayang ini terletak di daerah gunung manglayang yang dikelilingi oleh hutan Pinus. Pada dahulu kala banyak terjadi penebangan hutan liar di area hutan Pinus ini di mana hutan tersebut terdapat Situs Batu Kuda, sebab takut berdampak jelek terhadap pelestarian lingkungan maka area hutan tersebut diambil mahir dan dikelola oleh pihak perhutani dan hingga dikala ini area tersebut telah resmi oleh pemerintah kabupaten dikelola sebagai tempat wisata.

Sejarah Situs Batu Kuda Gunung Manglayang.

Banyak sekali lokasi wisata di Bandung yang mempunyai sejarah, mirip salah satu wisata bandung yang banyak populer dengan mitos atau dongeng legenda yang beredar yaitu gunung Tangkuban Perahu dan juga mitos yang beredar di kalangan masyarakat tidak terlepas dari keberadaan situs kerikil kuda gunung manglayang ini. Sejarah dari situs kerikil kuda ini konon pada jaman dahulu kala ada seekor kuda yang berasal dari gunung kidul, kuda tersebut merupakan kuda Sembrani atau kuda terbang yang akan terbang dari Cirebon menuju Banten. Dalam perjalanan kuda terbang tersebut tiba-tiba terjatuh sempurna di lokasi gunung manglayang dan tempat kuda tersebut terjatuh itu dinamakan situs kerikil kuda.

Baca Juga : Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Baca Juga :  Wisata Gunung Tangkuban Bahtera Yang Legendaris Di Bandung
Wisata Situs Batu Kuda Gunung Manglayang Bandung Wisata Situs Batu Kuda Gunung Manglayang Bandung
Situs Batu Kuda Gunung Manglayang
Ketika kuda tersebut jatuh maka terbentuklah sebuah kubangan dan kuda tersebut mencoba untuk meloloskan diri dari kubangan tersebut akan tetapi tidak berhasil dan hasilnya kuda tersebut pun mengalah dan meninggal kemudian bermetamorfosis sebuah kerikil dan hingga kini kerikil tersebut dinamakan situs kerikil kuda gunung manglayang. Setelah penunggang kuda tersebut melihat kudanya telah membatu dia pun duduk disebuah kerikil dan kerikil tersebut hingga dikala ini dinamakan situs kerikil kursi. Begitulah kira-kira sejarah yang beredar dimasyarakat mengenai tempat wisata situs kerikil kuda gunung manglayang.

Lokasi atau alamat tempat wisata situs kerikil kuda gunung manglayang Bandung.

Tempat wisata situs kerikil kuda ini berada di area perbukitan gunung manglayang tepatnya di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi – Kabupaten Bandung. Jika dari sentra kota Bandung lokasi ini kira-kira berjarak kurang lebih sekitar 20 km dan sanggup ditempuh dari Trans Studio Mall Bandung sekitar 1 jam perjalanan. Untuk memudahkan para pembaca untuk mengetahui letak dari tempat wisata situs kerikil kuda gunung manglayang sanggup lihat terlebih dahulu google maps dibawah ini.


Rute jalan menuju wisata situs kerikil kuda gunung manglayang.

Untuk rute paling gampang untuk anda lalui untuk menuju ketempat wisata situs kerikil kuda gunung manglayang yakni dari arah cibiru Bandung. Patokannya dari bundaran Cibiru anda mengambil jalan yang kearah Cileunyi, sesudah berjalan kurang lebih sekitar 1,5 km ada jalan yang berbelok ke kiri yang cirinya terdapat gapura, sesudah berbelok kiri anda tinggal lurus terus saja naik keatas kurang lebih sejauh 7 km maka anda akan hingga di lokasi wisata situs kerikil kuda. Untuk kondisi jalan menuju ke area wisata kerikil kuda sudah manis hanya sedikit sempit sehingga anda perlu lebih berhati-hati dalam memacu kendaraan anda.

Fasilitas dan acara di wisata situs kerikil kuda gunung manglayang Bandung.

Karena sudah dikelola menjadi tempat wisata, situs kerikil kuda ini tentunya sudah mempunyai akomodasi yang lengkap mirip tempat ibadah, toilet dan juga tempat berjualan masakan bagi para pengunjung yang membutuhkan. Tempat wisata situs kerikil kuda ini juga kerap dijadikan area tempat camping, area khusus tempat camping letaknya sekitar 900 meter dari pintu masuk lokasi wisata situs kerikil kuda. Untuk harga tiket masuk tempat wisata situs kerikil kuda ini relatif sangat murah, anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 perorang. Selain camping lokasi wisata ini juga sanggup dijadikan tempat bersepeda, asik khan bersepeda sambil menikmati suasana hutan Pinus di gunung manglayang. Hutan Pinus di lokasi wisata satu ini juga kerap di jadikan spot yang manis untuk para pengunjung yang gemar berfoto, kalo anda berfoto di hutan Pinus Situs Batu Kuda ini hasil fotonya niscaya mirip dengan suasana di bukit moko bandung.

 Baca Juga : Bukit Moko keindahan tersembunyi di kota bandung

Untuk lokasi parkirnya juga sudah sangat memadai dan tarif parkirnya juga terjangkau, untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000 dan roda dua Rp 2.000. sekian isu yang sanggup kami bagikan mengenai tempat wisata situs kerikil kuda gunung manglayang,semoga sanggup bermanfaat.

Baca Juga :  Wisata Pantai Cicalobak Garut Yang Keindahannya Tidak Kalah Dengan Pantai Bali