Tempat Wisata Curug Sang Hyang Taraje Garut

Tempat Wisata Curug Sang Hyang Taraje Garut.

– Selain tempat wisata yang berupa danau atau biasa orang sunda menyebutnya dengan sebutan situ ( dalam bahasa sunda itu situ artinya danau ) ternyata ada juga tempat wisata yang cukup asik untuk di kunjungi adalah berupa jeram atau curug. Di kawasan Garut terdapat beberapa situ yang sanggup menjadi destinasi wisata untuk berlibur, salah satunya adalah tempat wisata Curug Sang Hyang Taraje. Dalam bahasa sunda Situ itu artinya danau, Sang Hyang itu merupakan sebutan untuk raja atau yang kuasa jaman dahulu kala, sedangkan taraje itu artinya tangga. Konon berdasarkan kisah curug sang hyang taraje ini merupakan tangga yang dipakai oleh para yang kuasa untuk pergi ke khayangan. Tapi kalau kita lihat jeram dari kejauhan memang sangat cocok jikalau dinamakan sang hyang taraje sebab memang sekilas jeram atau curug tersebut ibarat dengan tangga yang cukup besar. Curug Sang Hyang Taraje ini juga mempunyai keindahan yang akan menciptakan kagum setiap orang yang melihatnya, kondisi disekitar curug terdapat tebing-tebing yang dihiasi oleh pepohonan hijau, pancuran airnya pun masih sangat deras. Air Percikan dari curug Sang Hyang Taraje ini menhasilkan butiran air yang akan menciptakan kondisi sekitar lokasi tempat wisata menjadi sangat dingin. Curug Sang Hyang Taraje ini mempunyai ketinggian kurang lebih 100 meter dan mempunyai pancuran air yang lebih deras daripada Curug Cinulang Cicalengka yang pernah admin blog wisata dan masakan kunjungi sebelumnya. Keberadaan Dongeng atau Legenda Curug Sang Hyang Taraje Garut ini juga tidak terlepas dari kisah sangkuriang yang pernah kita kenal dari legenda gunung tangkuban perahu. Konon berdasarkan kisah yang beredar di masyarakat sekitar tempat wisata curug sang hyang taraje ini, curug ini merupakan tangga yang dipakai oleh sangkuriang ketika akan mengambilkan sebuah bintang yang diminta oleh dayang sumbi , kisah ini diperkuat dengan ditemukannya sebuah kerikil diatas curug yang berbentuk tapak raksasa , konon tapak tersebut merupakan tapak dari sangkuriang dan dibawah jeram juga dipercaya terdapat sebuah kerikil tempat menyimpan bintang yang diambil oleh sangkuriang tetapi kerikil tersebut di jaga oleh seekor belut raksasa dan pada saat-saat tertentu belut raksasa tersebut terkadang mengatakan dirinya kepada masyarakat sekitar. Tapi sebab tempat ini sudah dijadikan sebagai lokasi wisata anda tidak perlu terlalu memikirkan mitos tersebut cukup sekedar untuk pengetahuan saja, yang penting anda di curug sang hyang taraje ini sanggup menikmati keindahan curug ini dan melepas penit dengan melihat kondisi alam sekitar yang populer dengan keindahannya.

 Selain tempat wisata yang berupa danau atau biasa orang sunda menyebutnya dengan sebutan  Tempat Wisata Curug Sang Hyang Taraje Garut
Curug Sang Hyang Taraje Garut
Baca Juga :  Wisata Jalan Asia Afrika Bandung

Lokasi tempat wisata Curug Sang Hyang Taraje.

Lokasi tempat wisata curug sang hyang taraje garut ini sanggup anda tempuh jikalau dari sentra kota garut kurang lebih sekitar 48 km. Alamat lengkap dari curug sang hyang taraje ada di Desa Cibuluh ,Cikajang, Jatiwangi- Pakenjeng,Kabupaten Garut. Untuk anda yang ingin ber wisata ke curug sang hyang taraje garut sanggup gunakan rute jalan dari kota garut kemudian ke Bayongbong kemudian Cisurupan-Papanggungan – Bungbulang – Pamulihan- Cikajang- Pakenjeng. Hati-hati dengan petunjuk jalannya sebab takutnya anda malah tersasar hingga di pantai santolo garut sebab rute jalannya ke pantai juga hampir sama, ada baiknya jikalau sambil memantau melalui google maps. Cuma satu hal yang perlu anda perhatikan kondisi jalan sesudah mendekati ke curug sang hyang taraje agak buruk dan tidak terlalu lebar jadi anda perlu lebih berhati-hati jikalau memakai kendaraan roda dua, mungkin jikalau hujan jalan akan agak licin.

Tips Untuk Wisata Ke Curug Sang Hyang Taraje Garut.

Untuk melaksanakan perjalanan ke tempat wisata mana saja ibarat ke kawah talaga bodas ataupun ke curug sang hyang taraje satu ini tentu anda harus mengetahui tips-tips berikut supaya makin seru aktivitas wisata anda. Berikut tipsnya :
– Untuk melaksanakan perjalanan ke curug sang hyang taraje sebaiknya jikalau sebelum berangkat cek dulu kondisi kendaraan anda sebab kondisi jalan ke arah tempat wisata satu ini agak berbatu dan licin , jadi anda perlu cek juga kondisi ban kendaraan anda.

– Karena tempat wisatanya berupa jeram atau curug sebaiknya anda membawa baju ganti , sebab pastinya jikalau hingga disana niscaya pakaian anda akan basah.

– Persiapkan fisik anda jikalau ingin ke curug sang hyang taraje sebab dari tempat pintu gerbang masuk anda masih harus berjalan kaki agak menanjak.

– Ada baiknya jikalau anda membawa perbekalan masakan sebab jikalau membeli masakan dilokasi wisata sih ada saja tetapi cenderung lebih mahal.

Sekian informasi dari blog wisata dan masakan mengenai tempat wisata curug sang hyang taraje garut agar sanggup bermamfaat.